Sekilas Pengertian Sistem Informasi

Posted by Kang Yuwon on Sunday, July 17, 2016 in
Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih sistem informasi itu? Sesungguhnya yang dimaksud dengan sistem informasi tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan komputer biasanya disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System). Dalam praktiknya, istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa tambahan kata komputer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang penting.
Ada beragam definisi sistem informasi, berdasarkan berbagai definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem informasi mencakup sejumlah komponen (yaitu : manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja) dan ada sesuatu yang diproses.
Istilah sistem informasi juga sering keliru dengan sistem informasi manajemen. Kedua hal ini sebenarnya tidak sama. Sistem informasi manajemen merupakan salah satu jenis sistem informasi yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk pengambil keputusan. Sebagai contoh: Sistem informasi akuntansi, sistem informasi keuangan, sistem informasi pemasaran, sistem informasi SDM dan lain sebagainya. Sedangakan sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan. Sistem informasi adalah kumpulan dari sub-sub sistem baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.
Tujuan dari sistem informasi sendiri adalah menghasilkan informasi. Sistem informsai adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dikatakan sebagai informasi. Untuk dapat digunakan maka informasi harus ada tiga syarat sebagai berikut : tepat (relevan), tepat waktu (timeliness) dan akurat (accurate). Informasi yang keluar tetapi tidak didukung tiga syarat tersebut maka tidak dapat dikatakan sebagai informasi dan merupakan informasi sampah.