Tips Merawat Komputer dan Laptop

Posted by Kang Yuwon on Wednesday, April 06, 2016 in ,
Tidak bisa dipungkiri, secara sadar atau tidak sadar banyak oarang yang mengabaikan kesehatan komputer dan laptop yang meraka punya. Hampir setiap saat kita tidak terlepas dengan perangkat yang satu ini, baik laptop maupun komputer PC yang sangat membantu pekerjaan kita. Bukan sekedar untuk mengerjakan tugas, namun perangkat laptop dan komputer juga telah membantu kita dalam berkomunikasi, bisnis, mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kantor. Akan tetapi kita jarang sekali untuk merawat perangkat yang sudah berjasa bagi kita.
Langsung saja, berikut ini saya aakan berbagi tips guna merawat komputer dan laptop kesayangan anda agar tetap awet dan tahan lama.

Tips merawat Komputer PC

1. Bersihkan CPU
    Bila komputer anda mau awet bersihkanlah komputer dengan teratur dalam jangka waktu kurang lebih setiap 6 bulan sekali. Tujuannya adalah agar komputer tetap bersih, karena jika komputer tidak bersih, kotoran seperti debu akan beresiko meningkatnya suhu pada komputer. Untuk membersihkannya buka casing, lalu bersihkan debu yang ada di Motherboard dan peripheral yang lain. Bersihkan dengan menggunakan kuas cat atau dengan sikat yang kalus.

2. Jangan gunakan komputer untuk internetan disaat hujan lebat
    Umumnya koneksi internet punya pengaruh terhadap cuaca. Jika anda menggunakan komputer dan digunakan untuk internetan pada waktu hujan sangatlah beresiko, karena hujan lebat sering juga diiringi dengan petir. Tentu hal semacam itu sangatlah beresiko pada PC dan berpotensi akan hal tersambar petir.

3. Matikan komputer sesuai prosedur
    Walau komputer bisa dimatikan dengan cara menekan tombol power yang lama, sebaiknya itu jangan dilakukan. Sebaiknya matikan komputer dengan cara Shutdown pada menu komputer. Selain itu, gunakan stavolt untuk menghindari tegangan listrik yang naik-turun. Kemudian jika listrik sering padam karena gangguan, gunakan UPS agar sewaktu listrik padam komputer masih bisa gunakan sebentar untuk mematikan dengan cara menshutdown.

4. Aktifkan sistem Restore komputer.
    Agar tidak gampang rusak, sebaiknya aktifkan sistem restore pada komputer.karena sistem restore juga punya pengaruh pada komputer.

5.  Hapus atau Uninstall program yang tidak digunakan
    sebaiknya kita hapus program atau aplikasi yang tidak kita gunakan, karena jika ruang penyimpan atau harddisk sudah penuh maka akan memperlambat sistem untuk membaca atau menulis, jadi kerja akan berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

6. Atur sirkulasi udara atau ventilasi pada komputer
    Sirkulasi udara atau ventilasi sangat berpengaruh kepada komponen komputer, karena jika ventilasi kurang baik maka akan mengakibatkan suhu dalam komputer akan cepat panas. Komponen komputer rentan terhadap panas, oleh karena itu upayakan komputer tetap dalam suhu normal, caranya anda bisa memasang cooling fan didalam CPU.

7. Gunakan kabel ground
    Jika casing komputer disentuh ada aliran listrik, ambil kabel dengan panjang kurang lebih 30cm atau kabel alakadarnya. Kupas kaber lalu kaitkan kabel pada casing, atau kaitkan pada pengait baut powersuplay lalu letakkan kabel tersebut dilantai atau tanah. Tujuannya adalah untuk menetralisir aliran listrik ground sehingga bisa membuat komponen lebih awet.


Tips Merawat Laptop

1. Hindari pemakaian laptop diatas kasur
    Mengapa ini dihindari? Karena kasur atau bahan busa adalah bersifat menyerap panas, bukan membuang udara panas. Ketika laptop menyala, laptop akan selalu mengeluarkan udara panas, sehingga panas dari laptop akan diserap oleh kasur busa dan ini bisa membahayakan laptop kita.

2. Hindari menaruh benda diatas Laptop
    Kebiasaan menaruh benda diatas laptop sebaiknya dihindari, karena saat laptop terhimpit benda berat maka itu bisa merusak LCD. Tanda awal dari rusaknya LCD adalah timbul garis-garis, jika rusak parah maka LCD bakal mati secara keseluruhan atau mati total.

3. Bersihkan debu pada laptop
    Laptop yang sering kita gunakan mungkin luput dari perhatian tentang maslah debu yang menempel, mulailah membiasakan untuk membersihkan debu yang ada dilaptop. Terutama pada bagian kipas pembuangan udara.

4. Hindari pengechasan saat laptop beroperasi
    Hal yang sering terlupakan adalah yang satu ini, dimana kita sedang menggunakan laptop bersamaan dengan menchas. Karena ini bisa merusak elemen li-on dari batrey laptop, sehingga batrey akan cepat rusak dan ngedrop.

5. Hindari pemakaian laptop diruang yang panas
    Apabila kita menggunakan laptop sebaiknya hindari suhu ruang yang panas, karena suhu ruang panas akan mempercepat panas laptop kita. Jika laptop yang kita gunakan sudah panas maka kinerja tidak optimal.

6. Hindari pemakaian laptop hingga batrey kosong 0%
    Hal semacam ini jangan ita lakukan, karena jika terus-terusna menggunakan lapto hingga batrey kosong tentu akan memperpendek usia batrey. Jadi jika batrey laptop kita tinggal 10% sebaiknya kita chas sampai 100% terisi.

7.  Non Aktifkan perangkat ektrnal
    Matikan perangkat ekternal yang tidak dibuthkan seperti Wi-Fi, karena Wi-Fi akan menyerap banyak daya, sehingga akan mengakibatkan batrey cepet habis.