Cara Mudah Membuat Tabel Pada Postingan Blog

Posted by Kang Yuwon on Monday, May 09, 2016 in ,
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk membuat tabel pada postingan blog dengan cara yang simple dan tanpa perlu koding. Bagi yang sudah mahir dengan bahasa pemrograman HTML tentu saja membuat tabel sangatlah mudah, tetapi bagi yang belum paham dengan bahasa pemrograman khususnya Web atau HTML ini akan menjadikan hal yang sangat sulit. Nah disini saya akan memberikan tips untuk membuat tabel tersebut menggunakan Microsoft Word, dimana nantinya hanya kode HTML yang kita gunakan, lalu kita copy paste ke postingan blog. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Buka Aplikasi/ Program Microsoft Office Word.
  • Buat tabel dengan data yang sudah kita persiapkan di excel, lalu copy paste ke word atau bisa juga klik insert table, kemudian tentukan kolom dan baris sesuai kebutuhan.
 
  • Simpan file tabel yang sudah kita buat ke format HTML, dengan cara klik "Save As",untuk file name silahkan isi nama file sesuai selera, kemudian pada Save As Type pilih "Web Page, Filtered". Setelah itu klik simpan atau Save.

  • Setelah file tersimpan, buka file tersebut menggunakan editor notepad atau notepad++ dengan cara sorot file, kemudian klik kanan pilih open with atau edit with, lalu pilih editor notepad atau notepad++ yang ada di komputer.
 

  • Copy kode HTML tersebut dari kode <table......> sampai  kode </table>  paste ke blog kita pada model penulisan HTML.

  • Lalu paste kode tersebut ke blog kita pada penulisan HTML.


Gimana, cukup mudah kan cara membuat tabel untuk kita masukkan pada postingan blog. Saya sendiri lebih sering menggunakan Microsoft Word daripada coding sendiri. Semoga tulisan ini dapat membatu sobat yang membutuhkan.