Pengertian HTML

Posted by Kang Yuwon on Tuesday, March 08, 2016 in ,


Hypertext Markup Language (HTML) merupkan standard bahasa yang di gunakan untuk menampilkan document web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:
Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
Menambahkan object-object seperti image, audio, dan video dalam document HTML.

<HTML>
HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah informasi. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag <HTML>. Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag <HTML> dengan </HTML>. Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :
<HTML>
untuk mengakhiri :
</HTML>
Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive. Artinya, <HTML> akan sama dengan <html> atau <Html>. Untuk selanjutnya akan dibagi menjadi 2 seksi: head dan body.

<HEAD>
Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan <HEAD> dan </HEAD>  tag di bawah tag <HTML> dan akan menjadi seperti berikut :
<HTML>
<HEAD>
</HEAD>
</HTML>

<BODY>
Pada bagian body merupakan bagian dimana Anda dapat menuliskan berbagai text yang ingin Anda tampilkan pada halaman web. Untuk mendefinisikan body harus diketikan tag <BODY> dan ditutup dengan tag </BODY> dibawah tag header, sehingga akan terlihat :

<HTML>
<HEAD>
<BODY> </BODY>
</HEAD>
</HTML>
Untuk menamai atau memberikan judul pada  halaman informasi yang akan  Anda buat maka digunakan tag <TITLE> dan </TITLE>. Judul ini akan terlihat pada sudut kiri atas pada halaman web. Tag <TITLE > akan berada di dalam tag <HEAD> .

Browser dan Editor
Browser
Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web.
Browser yang sering di gunakan biasanya Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Crome, Netscape Navigator dan masih banyak yang lainya.

Editor
Program yang di gunakan untuk membuat document HTML, ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya: Ms FrontPage, EditPlus, Notepad, dll.