Sistem Informasi Berbasis Web

Posted by Kang Yuwon on Tuesday, March 08, 2016 in ,

Halaman web merupakan file teks yang berisi sebuah format publikasi Hyper Text  Markup Language (HTML). Dimana file ini mempunyai link – link ke web yang lain. File teks ini tersimpan pada sebuah server web yang dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung dengan secara multiuser. File html ini dapat Anda akses dengan mennggunakan aplikasi browser web yang dapat dilakukan download file ke komputer Anda dan kemudian akan menampilkan ke layar komputer Anda.

Halaman sistem informasi berbasis web  ini mempunyai sifat yang interaktif dan berupa multimedia yang berisi teks, audio, animasi, dan audio yang terpadu untuk menghasilkan suatu publikasi informasi yang menarik. Halaman web mempunyai sifat yang interaktif karena user dapat mengirim informasi atau perintah situs yang akan dikontrol oleh aplikasi yang yang ada pada server web.

Untuk menghasilkan sistem informasi berbasis web  yang baik dan efisien kita harus merencanakan terlebih dahulu sistem informasi yang akan kita gunakan. Menentukan sasaran informasi adalah langkah pertama yang harus kita kerjakan. Usahakan sistem informasi yang kita buat simpel dan padat serta tidak mengurangi segi keindahan sebuah halaman sistem informasi. Untuk menyesuaikan dengan tujuan atau sasaran sistem informasi yang akan kita gunakan, Anda perlu menyertakan informasi – informasi yang mendukung tujuan publikasi sistem informasi tersebut. Anda dapat menam bahkan bentuk–bentuk informasi yang berupa teks,gambar,audio atau video.

Struktur sistem informasi yang Anda buat juga harus simpel dengan struktur yang jelas dan komunikatif, tidak terlalu ruwet. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda memiliki sistem informasi dengan link yang sangat banyak dan terdiri dari lebih dari dari satu level percabangan.

Microsoft Front Page mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai alat untuk membuat sistem informasi. Untuk kali ini marilah mencoba melihat kemampuan dari paket aplikasi Microsoft Front Page.